Penyakit Flek Paru-Paru

Penyakit flek paru-paru tidak selalu identik dengan penyakit tuberkulosis, dengan adanya bercak-bercak atau lubang-lubang pada paru-paru tidak berarti seseorang positif menderita tuberkulosis. Penyebab utama penyakit flek paru-paru itu timbul disebabkan berbagai hal antara lain akibat pengaruh asap rokok (pada pecandu berat rokok) atau perokok pasif yang sering mengisap asap rokok, pengaruh polusi atau limbah dan pengaruh alergen (zat yang dapat menyebabkan alergi) atau terkena infeksi bakteri Mycobacterium tuberkulosis. Bakteri tersebut  mudah masuk dan menular melalui udara seperti batuk, bersin, air ludah, dll. Kemudian bakteri akan berjalan masuk dan menyebar melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening.

Penyakit Flek Paru-Paru

Penyakit Flek Paru-Paru

Penyakit Flek Paru-Paru

Penyakit flek paru-paru ini umumnya ditandai dengan gejala panas yang tinggi dan batuk yang terus menerus, terkadang disertai dengan sesak nafas. Sebagian para medis menyebutkan penyakit flek paru-paru ini digambarkan seperti penyakit TBC yang sering menyerang anak-anak, namun terkadang dapat menyerang orang dewasa.

Menurut data WHO, di kawasan Asia Tenggara, bakteri mycobacterium tubercolusis ini membunuh sekitar 2.000 jiwa setiap harinya dan kebanyakan penyakit ini beredar di kawasan Asia Tenggara, India merupakan negara yang paling tinggi jumlah penderita flek paru-paru yang disebabkan oleh bakteri tersebut, selain India, diikuti Cina diperingkat kedua, kemudian Indonesia dengan jumlah penderita  yang semakin meningkat setiap harinya karena Indonesia memiliki jumlah penduduk yang notabene memiliki kebiasaan merokok paling tinggi di dunia.

Gejala Penyakit TBC

Dibawah ini beberapa gejala penyakit tbc atau penyakit flek paru-paru yang terjadi secara umum dan terlihat adalah :

  1. Batuk berdarah
    Masalah batuk berdarah yang tidak kunjung sembuh, biasanya si penderita juga akan mengalami batuk berdarah. Batuk dengan disertai adanya bercak darah yang Anda alami, jika Anda mengalami gejala seperti ini maka segeralah periksakan diri ke dokter.
  2. Batuk yang terjadi 2 minggu berturut-turut
    Batuk yang terjadi selama 2 minggu berturut-turut dan tidak kunjung sembu merupakan salah satu gejala awal dari penyakit tuberkulosis.
  3. Penurunan pada berat badan
    Bakteri dari penyakit tbc yang mengalami perkembangan di dalam tubuh Anda biasanya akan menyebabkan penderita mengalami penurunan berat badan.
  4. Demam
    Pada penyakit flek paru-paru yang disertai dengan demam, jika penderita merasakan demam dengan tiba-tiba maka sebaiknya harus berhati-hati dan harus lebih ewaspada.
  5. Lelah atau lemah
    Penyakit tbc adalah salah satu jenis penyakit yang benar-benar bsia membuat tubuh akan merasakan kelelahan.
  6. Nyeri dibagian dada
    Rasa sakit yang terjadi dibagian dada dan rasa sakit saat Anda sedang menghembuskan nafas, kemungkinan Anda mengalami suatu masalah pada paru-paru Anda. Hal ini merupakan salah satu hal yang bsia saja terjadi dari adanya suatu infeksi penyakit tbc.
  7. Infeksi yang terjadi tidak kunjung sembuh juga
    Penyakit flek paru-paru atau penyakit tbc bisa menginfeksi beberapa bagian tubuh lain misalnya adalah seperti perut, hati serta juga otak. Jika Anda mempunyai infeksi yang terjadi didaerah tersebut dan terjadi paling tidak selama 3 minggu, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter.
  8. Keringat dingin di malam hari
    Jika Anda engalami masalah berkeringat di malam hari dan tidak tahu alasan yang jelas, hal ini bisa saja disebebabkan karena adanya suatu masalah pada gejala infeksi penyakit tbc dan serangan dari bakteri tbc yang mengakibatkan Anda mengalami gejala tersebut.

Obat TBC Atau Penyakit Flek Paru-Paru

Beberapa jenis obat-obatan yang bisa digunakan dalam melakukan pengobatan penyakit tbc adalah :

  1. Isoniazid
    Obat ini akan memberikan efek samping yang ringan misalnya adalah seperti kesemutan, rasa terbakar dibagian kaki dan juga nyeri sendi serta keracunan pada syaraf tepi. Selain itu, efek samping yang berat adalah penyakit hepatitis.
  2. Rifampisin
    Obat tbc jenis ini akan menunjukkan beberapa gejala efek samping yang ringan misalnya adalah sindrom flu dalam bentuk demam, menggigil atau keringat dingin, nyeri pada tulang, dan sindrom perut dengan adanya rasa sakit, mual, dan juga nafsu makan yang menurun, diare, dan muntah-muntah, gatal-gatal dan kemerahan pada kulit. Sedangkan gejala efek samping yang berat adalah penyakit hepatitis, purpura, penyakit anemia dan beberapa gejala efek samping yang lain.
  3. Pirazinamid
    Efek sampingnya adalah hepatitis akibat imbas obat. Dan selain itu juga nyeri sendi yang bsia saja terjadi.
  4. Etambutol
    Gangguan pada penglihatan merupakan salah satu efek samping dari obat tbc. Selain itu, kurangnya ketajaman dalam melihat.
  5. Strepotomisin
    Efek samping yang terjadi adalah kerusakan pada syaraf kedelapan yang berhubungan dengan terjadinya keseimbangan dan juga pendengaran. Resiko dari efek samoing ini biasanya akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan yang terjadi pada dosis yang digunakan yang disesuaikan dengan usia penderita.

Penatalaksaan dari penyakit flek paru-paru adalah salah satunya dengan melakukan terapi diet. Terapi diet ini dilakukan dengan :

  1. Energi yang diberikan harus sesuai dengan kondisi penderita dalam mencapai berat badan yang ideal dan normal.
  2. Konsumsi protein tinggi dalam membantu mengganti sel-sel yang mengalami kerusakan karen tingkat albumin dalam serum yang sangat rendah.
  3. Lemak yang cukup
  4. Vitamin dan mineral yang cukup

Itulah informasi mengenai penyakit flek paru-paru, gejala, obat tbc, dan juga penalaksanaan tepat yang bisa dilakukan.

Penyakit Flek Paru-Paru


=====================================

>>> Buah Merah Untuk Penyakit Paru-paru, Membantu Mengobati Penyakit Paru-paru, Flek Paru-paru, Paru-paru Basah, Radang Paru-paru dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Flek Paru Paru and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *