Penyakit Flek Paru-Paru Pada Anak

Penyakit Flek Paru-Paru Pada Anak – Pernah mendengar penyakit flek paru-paru? Mungkin Anda lebih mengenalnya sebagai penyakit TBC atau penyakit tuberkulosis. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang paru-paru. Dan terdapat berbagai penyebab yang menjadikan penyakit ini muncul. Biasanya gejala yang ditandai dari penyakit flek paru-paru pada anak biasanya akan mengalami masalah penurunan berat badan kurang lebihnya selama tiga bulan secara berturut-turut tanpa diketahui penyebab yang jelasnya. Kemudian berat badan anak tidak akan mengalami kenaikan. Gejala lainnya dari penyakit flek paru-paru pada anak adalah nafsu makan yang berkurang, demam yang berlangsung lama dan juga berulang setelah itu munculnya suatu benjolan yang ada di leher, ketiak dan juga bagian lipat paha.

Penyakit Flek Paru-Paru Pada Anak
Penyakit Flek Paru-Paru Pada Anak

Penyakit Flek Paru-paru TBC

Untuk memastikan terjadinya penyakit flek paru-paru pada anak, maka hal yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan pada dahak anak selama mereka batuk, dan mendeteksi riaknya, namun yang diperiksa bukanlah ludah si anak melainkan dahaknya. Pemeriksaan dahakk yang dilakukan sebanyak 3 kali selama 2 hari yang dikenal dengan Sewaktu, Pagi, Sewaktu atau SPS.

Penyakit flek paru-paru biasanya bukan hanya menyerang pada anak-anak saja, namun juga sekitar 75% menyerang penduduk yang usianya produktif. Dan penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Cara mengobati masalah penyakit flek paru-paru bisa dilakukan dengan menggunakan sari buah merah. Cara pencegahan penularan penyakit flek paru ini adalah dengan menjauhi kontak fisik dengan anak yang menderita flek paru-paru selama masa pengobatan karena hal ini merupakan hal yang efektif. Bayi atau anak-anak memang seharusnya dijauhi dari orang dewasa yang mengderita penyakit flek paru-paru ini. Pemberian imunisasi BCG juga perlu diberikan agar anak mendapat sistem pertahanan tubuh yang bisa tahan akan serangan dari bakteri tuberculosis ini.

Pemeriksaan Penyakit TBC

Pemeriksaan penyakit flek paru-paru pada anak adalah dengan melakukan tes Mantoux, melakukan rontgent, dan juga pemeriksaan darah yang diketahui apakah ada suatu potensi dari terjadinya flek paru-paru atau juga tidak mengalaminya. Kemudian baisanya dokter juga akan melakukan suatu tindakan pengobatan yang tepat. Harus diketahui, walaupun anak Anda memang sudah positif mengalami infeksi penyakit flek paru-paru, namun bukan berarti bahwa bakteri ini sudah mengalami perkembangan untuk menjadi penyakit tbc atau juga mengalami TB aktif. Hanya sekitar 10% saja dari anak-anak yang mengalami infeksi penyakit tbc yang bisa mengalami penyakit ini.

Penyakit Flek Paru-Paru Pada Anak

Penyakit Flek Paru-Paru Pada Anak

Hindari kontak fisik antara penderita dari penyakit flek paru-paru yang sedang menjalani pengobatan adalah merupakan salah satu cara yang paling aman agar anaknya bisa terhindar dari penyakit ini. Ini disebabkan karena terjadinya suatu penularan dari bakteri flek paru-paru dan sangat mudah sekali. Penularan bisa terjadi lewat udara. Karena itulah, bayi memang harus dijauhkan dari orang yang dewasa yang kita tahu sudah mengidap penyakit flek paru-paru. Dan selain itu juga perlu menambahkan pemberian dari imunisasi BCG agar membuat bayi mempunyai sistem imun atau sistem daya tahan tubuh dari terjadinya serangan bakteri ini.

Infeksi penyakit flek paru-paru pada anak merupakan salah satu resiko yang paling tinggi. Karena kondisi dari tubuh bayi yang masih rentan untuk mengalami serangan, akibat dari sistem kekebalan tubuh yang alami yang sistemnya masih belum sempurna. Jika seorang anak mengalami infeksi penyakit tbc, maka resikonya akan terjadi lebih berat dibandingkan oleh orang dewasa. Umumnya adalah penyakit tbc yang terjadi pada orang dewasa biasanya akan terlokalisasi hanya pada paru-paru, karena tubuh orang yang dewasa sudah mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sudah sempurna. Sedangkan pada anak-anak dan pada bayi, penyebaran dari bakteri yang bukan hanya terjadi di dalam paru-paru namun juga terjadi di seluruh tubuh lewat aliran di dalam darah. Itu sebabnya mengapa pada bayi dan anak-anak bisa mencapai kasus penyakit tb tulang. TB hati dan juga limfa, TB selaput otak atau meningitis.

Pengobatan Penyakit TBC

Karena alasan itulah, penyakit flek paru-paru yang terjadi pada bayi harus segera diobati jika sudah dideteksi. Pengobatan yang dilakukan biasanya dalam bentuk pemberian obat oral, dan juga menggunakan obat anti-TB atau juga obat kombinasi yang dilakukan selama paling tidak adalah dalam jangka waktu 6 bulan atau bisa mencapai 12 bulan untuk penderita penyakit tbc kasus berat yang sudah menjalar masuk ke dalam otak hingga bisa menyebabkan terjadinya penyakit meningitis.

Untuk mencegah bayi terhindar dari penyakit flek paru-paru maka pencegahan memanglah salah satu hal yang sangat penting. Yang paling penting lainnya adalah dalam pemberian makanan dengan asupan nutrisi dan zat-zat sistem kekebalan tubuh sejak dari lahir, dan seperti zat-zat yang ada di dalam ASI dan makanan yang bergizi. Tidak semua dari anak yang menderita penyakit tbc akan mengalami jatih sakit. Hal ini semuanya tergantung dari sistem daya tahan tubuh pada anak. Bisa saja bayi atau anak mengalami infeksi bakteri dari tbc namun basil itu kemudian mati atau setelah itu bersarang di dalam tubuh, tidak aktif dan juga tidak mengganggu.


=====================================

>>> Buah Merah Untuk Penyakit Paru-paru, Membantu Mengobati Penyakit Paru-paru, Flek Paru-paru, Paru-paru Basah, Radang Paru-paru dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Flek Paru Paru and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *