Pengobatan Flek Paru-Paru

Pengobatan Flek Paru-Paru – Bila usaha pencegahan, pada hal gejala dan penyebabnya sudah diketahui, maka tidak ada jalan lain harus ke dokter untuk minta jasa-jasa pengobatan agar cepat sembuh dari penderitaan flek paru-paru ini.

Penyakit Flek Paru-Paru

Seseorang yang hidup dengan mengidap suatu penyakit apalagi penyakit berat dan berbahaya seperti flek paru-paru ini, maka sedikit banyak akan memperngaruhi keceriaan fisik penderita. Tiada jalan lain selain memahami segala proses penyembuhan yang sudah direncanakan dokter. Keadaan penderita flek paru-paru seperti ini dianjurkan untuk mematuhi nasihat dokter terutama dalam melakukan proses pengobatan dengan penuh kesabaran dan keuletan, keinginan untuk sembuh, haruslah tidak mengurangi arti segala usaha yang disarankan oleh tenaga medis.

Pengobatan Flek Paru-Paru

Pengobatan Flek Paru-Paru

Karena itu perlu ada pemeriksaan intensif oleh dokter untuk memastikan apa sebenarnya penyakit yang tengah diidapi oleh penderita. Salah satu yang mungkin amat penting adalah foto rontgent. Bila sudah diketahui penyebabnya, tentulah seorang dokter melakukan dan menentukan obat yang kira-kira tepat dan ampuh untuk mengatasi penyakit ini.

Satu hal yang menyebabakan sembuhnya suatu penyakit, adalah usaha sungguh-sungguh dari dokter dan penderita adalah adanya keinginan untuk sembuh dikedua belah pihak. Si penderita haruslah bekerja sama dengan dokter, sehingga penyakit yang tengah dideritanya itu cepat sembuh dsengan bantuan dan petolongan dokter itu. sebaliknya bila si penderita tidak berbuat seperti itutentu penyakitnya akan tidak mungkin dapat disembuhkan sesuai dengan rencana.

Gejala Penyakit Flek Paru-Paru

Gejala utama yang ditunjukkan dari penyakit tbc adalah :

  1. Dahak yang bercampur dengan adanya darah atau batuk berdarah
  2. Mengalami sesak nafas dan juga terasa nyeri dibagian dada
  3. Mengalami demam atau meriang yang terasa lebih dari sebulan
  4. Berkeringat yang dirasakan di malam hari tanpa adanya suatu penyebab yang jelas
  5. Mengalami kelemahan dan lelah
  6. Menurunnya nafsu makan dan juga penurunan berat badan

Untuk mengetahui seseorang mengalami penyakit tbc atau tidak, biasanya penderita akan menunjukkan suatu gejala seperti berkeringat di malam hari namun tanpa adanya suatu alasan yang jelas. Walaupun memang tidak bisa langsung dikatakan sebagai penyakit flek paru-paru, namun harus dilakukan diagnosis bahwa gejala tersebut merupakan salah satu gejala dari penyakit flek paru-pari. Jika Anda mengalami lemas, batuk yang tidak berhenti, nyeri yang terasa dibagian dada dan berkeringat di waktu malam hari, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan pengobatan flek paru-paru yang tepat. Untuk menegakkan bahwa seseorang mengalami penyakit tbc atau penyakit flek paru-paru, maka tim medis biasanya akan melakukan suatu diagnosis yang dilakukan dengan mengadakan suatu pemeriksaan pada kondisi dahak dengan menggunakan mikroskopis langsung atau BTA dan juga menggunakan gambaran pada radiologis atau foto rontgent.

Penyebab TBC

Penyakit flek paru-paru atau penyakit tbc disebabkan karena adanya suatu infeksi dari kuman mikobakterium tuberkulosis yang biasanya menyerang paru dan juga menyerang organ tubuh yang lain misalnya adalah seperti kelenjar getah bening, usus, kandungan, ginjal, tulang dan juga tulang. Selain itu juga penyakit tbc bisa menyebabkan kematian dan merupakan salah satu penyebab kematian yang paling tinggi di negara kita.

Pengobatan Flek paru-paru dilakukan dengan penegakkan diagnosis penyakt tbc, dokter biasanya akan melakukan suatu pemeriksaan fisik yang paling utama dibagian dada atau dibagian paru, dan kemudian bisa melakukan pemeriksaan lainnya seperti foto rontgen dada, tes lab untuk dahak dan juga tes untuk darah serta tes tuberkulin atau mantoux. Pengobatan flek paru-paru adalah salah satu bentuk pengobatan dalam jajngka panjang dan biasanya akan terjadi paling tidak selama 6-9 bilan dengan paling sedikit pemberian 3 jenis obat.

Pengobatan Penyakit Flek Paru-Paru

Keadaan seperti ini harus membutuhkan pengobatan flek paru-paru yang disiplin dan rutin dari pasien dalam minum obat serta mengontrol pemeriksaan ke dokter agar keadaan si penderita bisa sembuh dengan total. Apalagi biasanya setelah 2-3 minggu minum obat tbc, gejala dari penyakit tbc sudah hilang sehingga membuat pasien menjadi malas untuk minum obat dan malas melakukan pemeriksaan ke dokter.

Jika pengobatan flek paru-paru tidak selesai, maka hal ini bisa menjadi suatu hal yang berbahaya karena seringkali obat-obatan yang banyak digunakan untuk TB tidak akan mempan untuk kuman tbc yang resisten. Akibatnya adalah pengobatan dengan menggunakan jenis obat lain yang lebih mahal lagi dan lebih keras. Hal ini sebaiknya dihindari dengan melakukan pengobatan TBC sampai tuntas.

Itulah mengapa sangat penting sekali untuk menyampaikan mengenai efek samping yang muncul dalam setiap kali kontrol, sehingga dokter akan menyesuaikan kadar dosis minum obat tbc, menggantinya dengan obat yang lain dan juga melakukan pemeriksaan lab jika memang diperlukan.

Pengobatan yang dilakukan pada pengobatan flek paru-paru launnya adalah dengan mencegah terjadinya penularan, beberapa langkah pencegahan tersebut adalah :

  1. Mengurangi kontak langsung dengan si penderita penyakit tbc aktif.
  2. Menjaga standari hidup baik dalam hal mengonsumsi jenis makanan yang bergizi, lingkungan yang sehat dan juga melakukan olahraga secara teratur dan rutin.
  3. Pemberian jenis vaksin jenis BCG untuk bisa mencegah terjadinya kasus penyakit tbc yang lebih parah lagi. Vaksin ini biasanya diberikan secara rutin untuk semua balita.

Pengobatan Flek Paru-Paru


=====================================

>>> Buah Merah Untuk Penyakit Paru-paru, Membantu Mengobati Penyakit Paru-paru, Flek Paru-paru, Paru-paru Basah, Radang Paru-paru dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Flek Paru Paru and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>