Gejala Penyakit TBC

Gejala penyakit tbc ini berbeda-beda, tergantung pada usia si penderita. Gejala Penyakit TBC yang nampak pada orang dewasa adalah sebagai berikut :
1. Batuk terus menerus dengan dahak selama 3 minggu atau lebih
2. Kadang-kadang dahak yang keluar bercampur dengan darah
3. Sesak napas dan rasa nyeri di dada
4. Badan lemah, nafsu makan menurun dan berat badan juga menurun
5. Keringat malam hari walau tanpa aktivitas
6. Demam meriang (demam ringan) lebih dari sebulan

Gejala Penyakit TBC

Gejala Penyakit TBC

Gejala Penyakit TBC

Sedangkan Gejala Penyakit TBC yang timbul pada anak-anak ialah sebagai berikut :

1. Berat badan turun selama tiga bulan berturut-turut tanp sebab yang jelas
2. Berat badan anak tidak bertambah (anak kecil/ kurus terus)
3. Tidak ada nafsu makan
4. Demam lama dan berulang
5. Muncul benjolan didaerah leher, ketiak, dan lipat paha
6. Batuk lama lebih dari dua bulan dan nyeri dada
7. Diare berulang yang tidak embuh dengan pengobatan diare biasa.

Disamping beberapa gejala diatas masih terdapat Gejala Penyakit TBC khusus yang bisa kita kenali, yaitu :

  1. Bila terjadi sumbatan sebagian-sebagian bronkus (saluran yang menuju ke paru-paru) akibat penekanan kelenjar getah bening yang membesar, akan menimbulkan suara mengi (suara napas melemah) ang disertai sesak.
  2. Kalau ada cairan di rongga pleura (pembungkus paru-paru), dapat disertai dengan keluha sakit dada
  3. Bila mengenai tulang, maka akan terjadi gejla seperti infeksi tulang yang pada suatu saat dapat membentuk saluran dan bermuara pada kulit di atasnya, pada muara ini akan keluar cairan nanah.
  4. Pada anak-anak dapat mengenai otak (lapisan pembungkus otak), gejalanya adalahdemam tinggi, adanya penurunan kesadarab dan kejang-kejang
  5. Adanya scrophuloderma atau TBC kulit (seperti koreng kronis dan tak kunjung sembuh)
  6. Adanya plhyctermular conjungtivitis (kadang dimata ada merah, lalu ada bintik putih)
  7. Adanya specific lymphademopathy (pembesaran kelenjar getah bening dileher)
  8. Pada TBC biasanya kelenjar yang membesar an berderet atau lebih dari satu.

Pada pasien anak yang tidak menimbulkan gejala TBC dapat terdeteksi kalau diketahui adanya kontak dengan pasien TBC dewasa. Kira-kira 30-50% anak yang kontak dengan penderita TBC paru dewasa memberikan hasil uji tuberkelin positif.
Pada anak usia 3bulan – 5 tahun yang tinggal serumah dengan penderita TBC paru dewasa dengan BTA positif, dilaoprkan 30% terinfeksi berdasarkan pemeriksaan darah.
Biasanya seseorang yang terinfeksi TBC memiliki peluang sebesar 5% untuk mengalami suatu infksi aktif dalam waktu 1-2 tahun.

Penyakit Tuberkulosis

Perkembangan tuberkulosis pada setiap orang bervariasi, tergantung kepada berbagai faktor sebagai berikut :

  1. Suku : Tuberkulosiss berkembang lebih cepatpad aorang kulit hitam dan penduduk asli Amerika.
  2. Sistem kekebalan : infeksi aktif lebih sering dan lebih cepat terjadi pada penderita AIDS. Penderita AIDS memiliki peluang sebesar 50% untuk menderita infeks aktif dalam waktu dua bulan. Jika bakteri menjadi resisten terhadap anibiotik, maka dan tuberkulosis dalam waktu dua bukan adalah sebesar 50

Pemeriksaan pada gejala penyakit flek paru-paru adalah dengan melakukan tes Mantoux. Hal ini membantu untuk memastikan apakah Anda sudah benar-benar mengalami infeksi terjadinya serangan bakteri penyakit flek paru-paru. Tes ini merupakan salah satu jenis tes yang dilakukan dengan cara menyuntikan tuberkuloprotein ke dalam kulit lengan bagian bawah. Dan biasanya penyuntikkan ini dilakukan dengan sangat berhati-hati karena harus tepat masuk ke dalam kulit dan bukan masuk ke bagian bawah kulit.

Kemudian jika tuberkuloprotein yang disuntikkan, maka langkah selanjutnya adalah ditunggu selama paling tidak 48-72 jam. Jika ada gejala benjol merah dengan adanya suatu garis merah lebih dari 10 mm atau sekitar 1 cm, maka biasanya akan dinyatakan positif mengalami infeksi penyakit flek paru-paru. Dan setelah tes Mantoux, harus juga dilakukan dengan ronteng dan juga melakukan tes pengendapan darah untuk mengetahui apakah penyakit ini menunjukkan suatu kondisi pasif atau kondisi aktif. Hasil dari foto rontent yang biasanya menunjukkan penyakit flek paru-paru dan juga itu alasan penyakti tbc sering disebut sebagai penyakit flek paru-paru.

Penyakit tbc disebut sebagai penyakit flek paru-paru dikarenakan kata-kata flek berasal dari bahasa Belanda yang artinya adalah noda. Awalnya berdasarkan dari hasil foto rontgent yang dilakukan pada pasien tbc, yang memberikan suatu hasil gambaran dengan bercak yang berwarna putih dan juga seperti noda pada paru sehingg disebut dengan istilah flek. Istilah dari penyakit flek paru-paru ini sebenarnya tidak pernah diajarkan dalam dunia kedokteran dan juga tidak pernah disebutkan dalam dunia medis. Istilah seperti ini kemudian menjadi rancu dan bisa membuat pasien menjadi tidak terdidik dengan penyebutan yang salah.

Untuk kasus penyakit flek paru-paru yang terjadi pada orang dewasa mengalami gejala seperti batuk, bersin, atau juga suara mengi. Jika ia sedang bersin atau batuk, kemudian kuman-kuman ini akan terhirup masuk ke orang lain dan orang lain akan mengalami suatu infeksi. Namun harus iingat bahwa jika kita berhubungan dengan mereka yang mengalami penyakit flek paru-paru, maka resiko untuk mengalami serangan penyakit tbc juga akan semakin tinggi.

Penyakit TBC atau penyakit infeksi paru-paru harus segera diatasi dengan benar dan tepat untuk mencegah terjadinya penularan pada orang lain. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat menular dan juga sangat fatal jika tidak diatasi dengan segera.

Gejala Penyakit TBC


=====================================

>>> Buah Merah Untuk Penyakit Paru-paru, Membantu Mengobati Penyakit Paru-paru, Flek Paru-paru, Paru-paru Basah, Radang Paru-paru dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Flek Paru Paru and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *