Gejala Flek Paru-Paru

Gejala Flek Paru-Paru – Anak yang terserang kuman penyakit TBC misalnya akan memperlihatkan gejala-gejala fisiknya melemah, makin lama makin enggan makan, menderita batuk dan badannya sering kali panas. Dengan melakukan sejenis tes mantoux, dapat diketahui apakah si anak ditulari oleh kuman TBC atau tidak. Bila hasil tes positif, jelas bahwa anak itu ditulari kuman TBC. Untuk itu perlu dilakukan penyeledikan lebih lanjut, misalnya mengikuti foto rontgent paru-paru, pemeriksaan darah dan sebagainya.

Gejala Flek Paru-Paru

Gejala Flek Paru-Paru

Penyebab Flek Paru-Paru

Kuman TBC menjangkiti sebagian tubuh penderita, misalnya paru-paru, kulit, tulang dan sebagainya. Pada orang dewasa ini mudah mengetahui apakah seorang menderita TBC paru atau tidak. Meski demikian TBC paru berbeda dengan penyakit flek paru-paru yang tengah kita bahas ini. Meskipun penyebab penyakit pernapasan ini berbeda, penyakit-penyakit yang ditandai dengan flek pada paru-paru memiliki Gejala Flek Paru-Paru umum yang hampir sama, yaitu batuk, sesak napas, dan beberapa kasus ditandai dengan adanya demam. Selain dari penyakit flek paru-paru, perlu juga diketahui ada penyakit lain yang mirip dengan penyakit itu. Kesamaan mereka selalu mengganggu pernapasan.

Dasar penyakit yang sudah dikenal antara lain adalah :

  1. Bronchitis, penyakit ini bisa terjadi bila ada peradangan disaluran udara yang mengirimkan oksigen ke paru-paru. Peradangan tersebut mengakibatkan keluarnya lendir, sehingga memicu tubuh memberikan respons batuk-batuk.
  2. Pneumonia, juga ditandai denga adanya flek pada paru-paru yang bisa dilihat dengan foto rontgent. Pneumonia paling banyak disebabkan oleh bakteri strepto-coccus-pneumoniaeae, selain oleh jamur dan virus.
  3. TBC paru-paru, seperti yang banyak disinggung dalam tulisan ini sering disamakan dengan gangguan pernapasan. Perlu diketahui TBC paru-paru merupakan infeksi akut maupun kronis yang disebabkan oleh bakteri myobacterium tuberculosis, adanya orang pada orang dewasa, TBC paru-paru ini dapat menular melalui udara, yaitu saat penderita bersin atau batuk.
    Selain flek, seringkali TBC paru-paru menunjukkan gejala batuk, cepat lelah, lemas, nafsu makan menurun, demam ringan dan berkeringat pada malam hari. Sementara pada keadaan parah penderita TBC paru-paru ini seringkali mengalami batuk darah dan sakit pada bagian dada.

Gejala Flek Paru-Paru

Gejala flek paru-paru atau penyakit tbc terbagi menjadi 6 klasifikasi penyakit yakni adalah :

  1. Kelas 0
    Pada kelas ini biasanya tidak ditemukan suatu jangkitan pada penyakt tuberkulosis, tidak mengalami suatu infeksi atau tidak adanya suatu riwayat kesehatan terpapar, reaksi pada tes kulit tuberkulin yang tidak berwarna.
  2. Kelas 1
    Biasanya sudah terpapar infeksi tuberkulosis, tidak ada suatu bukti mengalami infeksi yang dilihat dari riwayat terpapar, reaksi dari tes kulit tuberkulin yang tidak bermakna.
  3. Kelas 2
    Oada kelas 2 biasanya sudah terjadi suatu infeksi tuberkulosis, biasanya tidak muncul penyakit atau suatu reaksi dari tes kulit tuberkulin yang lebih bermakna, pemeriksaan dari bakteri yang negatif, dan tidak ada uatu bukti klinik maupun bukti radiografik.
  4. Kelas 3
    Pada pemeriksaan ini , biasanya penderita akan merasakan sakit karena infeksi kuman yang mengalami perkembang biakan, dan selain itu juga suatu reaksi dari tes kulit tuberkulosis yang lebih bermakna dan juga ada suatu bukti dari radiografik mengenai adanya suatu penyakit.
  5. Kelas 4
    Pada keadaan ini biasanya penderita sedang sakit dan akan menunjukkan adanya suatu riwayat yang bisa mendapatkan pengobatan untuk pencegahan pada penyakit tbc, tidak ada suatu bukti klinis dan radigrafik mengenai adanya suatu penyakit yang terjadi saat ini.
  6. Kelas 5
    Orang atau penderita biasanya sudah dicurigai menderita penyakit tbc.

Gejala flek paru-paru yang umum terjadi adalah :

  1. Demam
    Biasanya gejala flek paru-paru ini baisanya menyerupai mirip seperti demam flu. Namun terkadang panas yang terjadi pada badan bisa mencapai sekitar 40-41 derajat celcius. Keadaan yang seperti ini biasanya sangat mempengaruhi sistem daya tahan tubuh seseorang dan juga infeksi pada kuman tuberkulosis yang berat dan ringan.
  2. Batuk
    Gejala flek paru-paru yang baisanya ditemukan, batuk ini biasanya terjadi akibat adanya suatu iritasi pada bronkus. Sifat ini biasanya dimulai dari penyakit batuk kering kemudian setelah muncul suatu peradangan yang bisa menjadi produktif.
  3. Sesak nafas
    Mengalami sesak nafas merupakan salah satu gejala umum yang terjadi. Namun, kasus sesak nafas biasanya akan ditemukan pada penyakit tbc yang sudah lanjut, yan disebabkan karena infiltrasinya sudah lewat setengah dari bagian paru-paru.
  4. Nyeri dada
    Gejala yang terjadi ini biasanya jarang ditemukan. Nyeri dada akan muncul jika infiltrasi peradangan yang sudah muncuk ke pleura sehingga akan menimbulkan suatu kasus pleuritis. Dan terjadi suatu gesekan yang kedua pleura sewaktu pasien sedang menarik atau juga sedang melepaskan nafasnya.
  5. Malaise
    Gejala flek paru-paru ini seperti rasa tidak enak badan. Biasanya gejala malaise ini lebih sering ditemukan dalam bentuk anoreksia tidak adanya nafsu makan yang biasanya, dan penurunan pada berat badan, sakit kepala, meriang, nyeri sendi, dan berkeringat di malam hari tanpa ada alasan yang jelas.

Salah satu cara pengobatan penyakit tbc adalah dengan melakukan terapi dite. Terapi diet ini dilakukan dengan mengonsumsi asupan makanan yang bisa membantu untuk mencukupi dan juga memperbaiki dan juga mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan tubuh yang lebih lanjut serta membantu untuk mempeerbaiki status gizi agar si penderita bisa melakukan aktivitasnya kembali dengan normal.

Gejala Flek Paru-Paru


=====================================

>>> Buah Merah Untuk Penyakit Paru-paru, Membantu Mengobati Penyakit Paru-paru, Flek Paru-paru, Paru-paru Basah, Radang Paru-paru dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Flek Paru Paru and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>